Blog

Biar Tidak Bingung, Ini Perbedaan Earphone, Headset, Headphone, dan Handsfree

Earphone adalah salah satu aksesoris untuk mendengarkan audio di berbagai perangkat elektronik, seperti smartphone atau laptop. Tapi tunggu dulu, yang biasanya kamu gunakan itu earphone, headset, headphone, atau handsfree? Sudah tahu bedanya belum?

Istilah-istilah aksesoris audio tersebut memang sudah tidak asing lagi. Hanya saja masih banyak orang yang sering salah dalam menyebut aksesoris elektronik yang kegunaannya sama, yaitu mendengarkan audio. Earphone disebut headset, begitu juga sebaliknya. 

Nah, biar kamu tidak salah menyebutnya, coba deh kamu simak dulu perbedaan earphone, headset, headphone, dan handsfree di bawah ini dari HIPPO

Perbedaan Earphone Headset, Headphone, dan Handsfree

1. Headphone

Kamu pasti sudah bisa membayangkan rupa headphone seperti apa, kan? Dengan bentuknya yang khas, aksesoris ini memiliki 2 speaker mini yang ditempatkan di telinga kiri maupun kanan. Kedua speaker tersebut dihubungkan dengan bahan lempengan alumunium atau plastik yang menjadi penyangga untuk ditaruh di atas kepala.

Umumnya headphone disertakan bahan sekaligus fitur peredam suara agar dapat meredam gangguan suara atau noise. Jadi, kamu bisa mendengarkan audio dengan suara yang lebih baik. 

Untuk menghubungkannya ke laptop atau smartphone, biasanya headphone memakai port jack 3.5 mm. Tapi kalau kamu tidak mau ribet bisa menggunakan yang bluetooth sehingga langsung terkoneksi secara nirkabel. Sayangnya, perangat audio satu ini hanya untuk mendengarkan saja atau tidak bisa dipakai untuk berkomunikasi.

2. Headset

Aksesoris audio ini bisa dikatakan mirip dengan headphone. Bentuknya yang sama-sama memakai desain 2 speaker yang dihubungkan dengan pengait yang ada di atas kepala penggunanya. Hanya saja, headset diberi tambahan mikrofon, sehingga bisa digunakan untuk berkomunikasi. 

Kebanyakan headset hanya digunakan di perangkat komputer atau laptop dan tidak bisa dipasangkan ke smartphone. Tidak heran kalau banyak gamers memakai perangkat audio ini saat bermain game, apalagi ketika melakukan streaming. Dengan begitu, mereka bisa berkomunikasi atau berbicara dengan penontonnya maupun rekan setim dengan lebih jelas. 

3. Earphone

Nah, earphone adalah aksesoris audio yang sering banget disebutkan. Padahal terlihat perbedaan yang sangat jelas, yaitu desainnya yang lebih kecil dari headphone dan headset. Meski kegunaannya sama, ukurannya lebih kecil karena hanya menutupi lubang telinga saja.

Biasanya earphone menjadi aksesoris tambahan saat kamu membeli smartphone baru. Tidak heran kalau perangkat tersebut sering digunakan oleh pengguna ponsel pintar karena lebih gampang dibawa ke mana-mana.

Belum lagi earphone tidak hanya untuk mendengarkan saja, tapi juga untuk berkomunikasi. Didukung lubang mikrofon yang berada di tengah-tengah kabelnya, kamu bisa berkomunikasi dengan mudah dengan perangkat ini. Ada juga yang sudah dilengkapi dengan tombol volume, sehingga kamu bisa mengatur besar kecil suaranya tanpa membuka smartphone.

4. Handsfree

Hippo Earphone Sola

Perangkat audio terakhir yang juga sering salah disebutkan adalah handsfree. Aksesoris ini sebenarnya merupakan earphone yang dilengkapi tambahan tertentu, seperti tombol fungsi dan mikrofon. Melalui kedua tombol tersebut, kamu bisa memutus dan menerima panggilan atau menaikkan dan menurunkan volume suara. 

Tidak hanya earphone saja yang ditambahkan dalam paket pembelian smartphone. Ada juga yang menyertakan handsfree ke dalam dashbook smartphone sebagai aksesoris ekstranya. 

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang sudah banyak yang memakai bluetooth sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan lebih praktis tanpa ribet terganggunya kabel. Jadi tidak heran karena earphone dan handsfree hampir sama, kebanyakan orang sering menganggap earphone adalah handsfree.

Itu dia perbedaan 4 perangkat audio yang hampir mirip. Sekarang sudah tahu, kan aksesoris yang kamu miliki itu headphone, headset, earphone, atau handsfree?

Tinggalkan Balasan